Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.2
Oleh
Firdaus Ria Herlambang
Pada refleksi dwi mingguan kali ini saya akan memakai model 4F (Facts, Feelings, Findings, Future)
Facts
Kegiatan dimulai dengan mengerjakan tugas yang terdapat di LMS secara mandiri melalui moda daring dari tugas 1.2.a.1 sampai dengan 1.2.a.4 dimana di tugas 1.2.a.3. Mulai dari diri saya membuat sebuat trapesium usia dimana saya mendapatkan pembelajaran berarti bahwa peristiwa di masa lampau akan terus tertanam sampai masa kini. Pada tugas 1.2.a.4. Eksplorasi konsep saya membuat tulisan di blog saya mengenai nilai dan peran saya sebagai guru pada siswa maupun rekan sejawat yang berada di lingkungan sekolah.
Pada kegiatan Ruang Kolaborasi 1.2.a.5 saya melakukan kolaborasi dengan kelompok saya dalam membuat sebuah konsep poster PIPINA yang mengajak warga sekolah untuk bisa memanfaatkan sampah yang ada.
Sedangkan pada kegiatan Demonstrasi Konstekstual 1.2.a.6. saya membuat sebuah gambaran tentang harapan saya pada saat akan mendatang
Pada kegiatan Elaborasi Pemahaman 1.2.a.7. Elaborasi Pemahaman dengan Instruktur Ibu Rusiati Yo, S.Psi., M.Pd.yang terjadwal pada hari Rabu tanggal 15 Juni 2022 pukul 13.00 sd 14.45 WIB
Rangkaian kegiatan selanjutnya adalah menulis kegiatan Koneksi Antar Materi 1.2.a.8 dalam bentuk tuilsan blog yang mengkaitkan nilai dan peran ideal dari seorang Calon Guru Penggerak sekaligus di lakukan dalam tugas 1.2.a.9 tentang Aksi Nyata
Feelings
Perasaan yang saya rasakan pada saat mengikuti pembelajaran modul 1.2 adalah rasa haru dan senang yang bercampur setelah mengetahui secara utuh gambaran tentang nilai dan peran seorang guru pada sebuah pembelajaran yang berpusat pada murid
Persaan itu muncul setelah saya mencoba untuk melakukan refleksi dari apa yang sudah saya lakukan sebelumnya di sekolah. Ada semangat baru untuk semakin berkarya dan bermanfaat bagi murid dan orang di sekitar saya.
Findings
Pada modul 1.2 ini saya mendapatkan pemahamn ideal tentang nilai dan peran dari seorang guru penggerak dimana sebenarnya nilai dan peran tersebut telah dimiliki dan perlu penebalan saja dalam pelaksanaannya. Adapun hal baru yang saya dapatkan dalam pembelajaran di modul 1.2 ini adalah nilai dan peran seorang guru baru akan terwujud jika mampu menjadi sosok yang ditauladani oleh murid serta bermanfaat bagi orang sekitar.
Future
Pada masa mendatang saya akan berusaha menjadi figur yang mempunyai nilai dan peran seperti yang dipelajari di modul 1.2, dimana menjadi sosok guru yang Mandiri, Reflektif, Kolaboratif, Movatif dan Berpihak pada murid. Selain itu juga memiliki peran sebagai :
- Pemimpin pembelajaran
- Penggerak komunitas praktisi
- Menjadi coach bagi guru lain
- Mendorong kolaborasi antar guru
- Mewujudkan kepemimpinan murid
Comments
Post a Comment