Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Modul 2.1:

 2.1.a.4.1. Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Modul 2.1:

Oleh 
Firdaus Ria Herlambang 
CGP Angkatan 5 Kabupaten Bekasi
SMP Negeri 4 Babelan


Informasi atau fakta apa yang disampaikan dalam video dan artikel tersebut?

Video-1 :  https://www.youtube.com/watch?v=PLT69Yf5my8&t=27s

Berisikan informasi tentang strategi pembelajaran diferensiasi yang mana sebelum menentukan startegi pembelajaran diferensiasi kita harus memahami 3 aspek pemetaan kebutuhan murid sebagai dasar guru dalam melaksanakan praktik pembelajaran diferensiasi di kelas. 3 Aspek pemetaan kebutuhan tersebut adalah sebagai berikut :

1) Kesiapan belajar (readiness) murid;

2) Minat belajar murid;

3) Profil belajar murid.

Dengan memahami 3 aspek pemetaan kebutuhan menentukan startegi pembelajaran diferensiasi. 3 strategi pembelajaran diferensiasi yaitu :

Diferensiasi Konten

Konten yaitu materi yang diajarkan kepada murid kita. Seperti halnya pemilihan konten berdasarkan minat belajar murid, kombinasi kesiapan minat dan profil belajar murid. Tomlinson memberikan kita alat equalizer yang membantu Guru dalam mengukur kesiapan belajar murid. Guru dapat melihat kesiapan belajar murid apakah murid siap belajar secara konkret atau belajar secara abstrak. Diferensiasi konten berdasarkan minat murid guru dapat menyediakan jenis-jenis topik yang mereka minati sesuai dengan pokok bahasan atau materi pembelajaran. Diferensiasi konten berdasarkan profil belajar murid, guru harus memahami gaya belajar murid, yang lebih cendrung kepada pembelajaran visual, audio, bahkan audio visual.

Diferensiasi Proses

Murid memahami atau memaknai informasi atau materi yang dipelajari sehingga hal ini dapat dilihat saat proses bagaimana murid memahami materi yang dipelajari, pemilihan kegiatan pembelajaran apakah dalam bentuk individu atau kelompok, serta kemampuan murid dalam belajar atau mengerjakan tugas secara mandiri apakah masih perlu bimbingan atau hanya dengan sedikit bimbingan. Cara melakukan diferensiasi proses ada 6 yaitu :

Kegiatan berjenjang, semua murid bekerja membangun pemahaman dan keterampilan yang sama tetapi dilakukan dengan berbagai tingkat dukungan, tantangan, atau kompleksitas yang berbeda-beda.

  • a.   Menyediakan pertanyaan pemandu atau tantangan yang perlu diselesaikan disudut-sudut minat. Sudut-sudut minat disiapkan di kelas untuk mendorong murid mengekspoloasi sub materi yang terkait dengan topik di kelas yang sedang dipelajari yang menarik minat murid.
  • b.      Membuat agenda individual d. Memvariasikan lama waktu untuk murid menyelesaikan tugas.
  • c.     Mengembangkan kegiatan bervariasi, mengakomidir gaya belajar baik yang visual, audio visual, auditorial dan kinestetik.
  • d.     Menggunakan kelompok yang fleksibel sesuai dengan kesiapan dan minat.

Diferensiasi Produk

Produk berupa tagihan atau hasil yang diharapkan dari murid setelah proses pembelajaran, baik berupa hasil tes, presentasi atau diskusi, pertunjukkan, pidato, diagram dan lainnya yang mencerminkan pemahaman murid dari tujuan yang diharapkan dalam pembelajaran. Diferensiasi produk meliputi :

  • a.       Memberikan tantangan atau variasi
  • b.      Memberikan murid pilihan bagaimana mengekspresikan pembelajaran yang diinginkan.


Video-2 https://www.youtube.com/watch?v=akTeGglLkIg

Kesuksesan dari penerapan pembelajaran berdiferensiasi didukung oleh lingkungan belajar yang efektif. Iklim pembelajaran berdiferensiasi akan menimbulkan dampak yang positif, hubungan yang harmonis dan saling menghargai antar warga sekolah. Guru membantu memecahkan setiap masalah di kelas secara konstruktif. Tujuan dari pembelajaran berdiferensiasi adalah untuk memaksimalkan pertumbuhan potensi yang dimiliki oleh masing-masing murid menyesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki. Guru harus dapat mencari tahu sejauh mana capaian murid serta memberikan pengalaman yang bermakna, dengan merancang pembelajaran yang menantang dengan tingkat yang telah disesuaikan.


Gagasan baru apa yang Anda dapatkan dari video dan artikel yang Anda lihat?

  • 1.      Dalam pembelajaran berdiferensiasi proses guru dapat menentukan penilaian masing-masing murid sesuai kemampuannya.
  • 2.      Lingkungan belajar sangat mendukung keberhasilan pembelajaran diferensiasi, sehingga guru harus dapat membentuk atmosfer lingkungan kelas yang positif.
  • 3.      Mengimplementasikan strategi pembelajaran berdiferensiasi yang tepat dalam kegiatan belajar di kelas.

 

Apakah yang menurut Anda akan sulit diimplementasikan? Mengapa?

Menurut saya yang akan sulit diimplementasikan adalah dalam melakukan penilaian berkelanjutan, dimana dibutuhkan kesungguhan dari sang guru untuk merencanakan, melaksanakan sampai mengevaluasi penilaian yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran diferensiasi.

Sedangkan yang kedua  adalah saat melakukan pemetaan kebutuhan belajar murid. Karena itu merupakan langkah awal sebelum melakukan pembelajaran berdiferensiasi. Sehingga butuh upaya yang lebih maksimal supaya kita bissa memetakan kebutuhan belajar murid dengan tepat.

 

Pertanyaan apakah yang masih Anda miliki atau klarifikasi apakah yang masih Anda perlukan terkait dengan isi video dan artikel tersebut?

Bagaimana memenuhi kebutuhan  murid saat melakukan pembelajaran diferensiasi konten dengan gaya belajar murid yang berbeda-beda, ada yang menggunakan visual, gerakan, dan audio?

Apakah pada pembelajaran diferensiasi menggunakan RPP yang berbeda dengan RPP yang biasa kita gunakan?





Comments

Popular posts from this blog

Tahapan menciptakan Program Kebajikan

Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.1

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.2