Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Modul 2.1:
2.1.a.4.1. Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Modul 2.1:
Oleh
Firdaus Ria Herlambang
CGP Angkatan 5 Kabupaten Bekasi
SMP Negeri 4 Babelan
Informasi atau
fakta apa yang disampaikan dalam video dan artikel tersebut?
Video-1 : https://www.youtube.com/watch?v=PLT69Yf5my8&t=27s
Berisikan informasi
tentang strategi pembelajaran diferensiasi yang mana sebelum menentukan
startegi pembelajaran diferensiasi kita harus memahami 3 aspek pemetaan
kebutuhan murid sebagai dasar guru dalam melaksanakan praktik pembelajaran
diferensiasi di kelas. 3 Aspek pemetaan kebutuhan tersebut adalah sebagai
berikut :
1)
Kesiapan belajar (readiness) murid;
2)
Minat belajar murid;
3) Profil belajar murid.
Dengan memahami 3 aspek
pemetaan kebutuhan menentukan startegi pembelajaran diferensiasi. 3 strategi
pembelajaran diferensiasi yaitu :
Diferensiasi
Konten
Konten yaitu materi yang
diajarkan kepada murid kita. Seperti halnya pemilihan konten berdasarkan minat
belajar murid, kombinasi kesiapan minat dan profil belajar murid. Tomlinson
memberikan kita alat equalizer yang membantu Guru dalam mengukur kesiapan belajar
murid. Guru dapat melihat kesiapan belajar murid apakah murid siap belajar
secara konkret atau belajar secara abstrak. Diferensiasi konten berdasarkan
minat murid guru dapat menyediakan jenis-jenis topik yang mereka minati sesuai
dengan pokok bahasan atau materi pembelajaran. Diferensiasi konten berdasarkan
profil belajar murid, guru harus memahami gaya belajar murid, yang lebih
cendrung kepada pembelajaran visual, audio, bahkan audio visual.
Diferensiasi
Proses
Murid memahami atau
memaknai informasi atau materi yang dipelajari sehingga hal ini dapat dilihat
saat proses bagaimana murid memahami materi yang dipelajari, pemilihan kegiatan
pembelajaran apakah dalam bentuk individu atau kelompok, serta kemampuan murid
dalam belajar atau mengerjakan tugas secara mandiri apakah masih perlu
bimbingan atau hanya dengan sedikit bimbingan. Cara melakukan diferensiasi
proses ada 6 yaitu :
Kegiatan berjenjang,
semua murid bekerja membangun pemahaman dan keterampilan yang sama tetapi
dilakukan dengan berbagai tingkat dukungan, tantangan, atau kompleksitas yang
berbeda-beda.
- a. Menyediakan pertanyaan pemandu atau
tantangan yang perlu diselesaikan disudut-sudut minat. Sudut-sudut minat
disiapkan di kelas untuk mendorong murid mengekspoloasi sub materi yang terkait
dengan topik di kelas yang sedang dipelajari yang menarik minat murid.
- b.
Membuat agenda individual d. Memvariasikan
lama waktu untuk murid menyelesaikan tugas.
- c. Mengembangkan kegiatan bervariasi, mengakomidir gaya belajar baik yang visual, audio visual, auditorial dan kinestetik.
- d. Menggunakan kelompok yang fleksibel sesuai
dengan kesiapan dan minat.
Diferensiasi
Produk
Produk berupa tagihan
atau hasil yang diharapkan dari murid setelah proses pembelajaran, baik berupa
hasil tes, presentasi atau diskusi, pertunjukkan, pidato, diagram dan lainnya
yang mencerminkan pemahaman murid dari tujuan yang diharapkan dalam
pembelajaran. Diferensiasi produk meliputi :
- a.
Memberikan tantangan atau variasi
- b.
Memberikan murid pilihan bagaimana
mengekspresikan pembelajaran yang diinginkan.
Video-2 https://www.youtube.com/watch?v=akTeGglLkIg
Kesuksesan dari penerapan
pembelajaran berdiferensiasi didukung oleh lingkungan belajar yang efektif.
Iklim pembelajaran berdiferensiasi akan menimbulkan dampak yang positif,
hubungan yang harmonis dan saling menghargai antar warga sekolah. Guru membantu
memecahkan setiap masalah di kelas secara konstruktif. Tujuan dari pembelajaran
berdiferensiasi adalah untuk memaksimalkan pertumbuhan potensi yang dimiliki
oleh masing-masing murid menyesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki. Guru
harus dapat mencari tahu sejauh mana capaian murid serta memberikan pengalaman
yang bermakna, dengan merancang pembelajaran yang menantang dengan tingkat yang
telah disesuaikan.
Gagasan baru apa
yang Anda dapatkan dari video dan artikel yang Anda lihat?
- 1.
Dalam pembelajaran berdiferensiasi proses
guru dapat menentukan penilaian masing-masing murid sesuai kemampuannya.
- 2.
Lingkungan belajar sangat mendukung keberhasilan
pembelajaran diferensiasi, sehingga guru harus dapat membentuk atmosfer
lingkungan kelas yang positif.
- 3.
Mengimplementasikan
strategi pembelajaran berdiferensiasi yang tepat dalam kegiatan belajar di
kelas.
Apakah yang
menurut Anda akan sulit diimplementasikan? Mengapa?
Menurut saya yang akan
sulit diimplementasikan adalah dalam melakukan penilaian berkelanjutan, dimana
dibutuhkan kesungguhan dari sang guru untuk merencanakan, melaksanakan sampai
mengevaluasi penilaian yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran diferensiasi.
Sedangkan yang kedua adalah saat melakukan pemetaan kebutuhan
belajar murid. Karena itu merupakan langkah awal sebelum melakukan pembelajaran
berdiferensiasi. Sehingga butuh upaya yang lebih maksimal supaya kita bissa
memetakan kebutuhan belajar murid dengan tepat.
Pertanyaan apakah
yang masih Anda miliki atau klarifikasi apakah yang masih Anda perlukan terkait
dengan isi video dan artikel tersebut?
Bagaimana memenuhi
kebutuhan murid saat melakukan pembelajaran diferensiasi konten dengan
gaya belajar murid yang berbeda-beda, ada yang menggunakan visual, gerakan, dan
audio?
Apakah pada pembelajaran
diferensiasi menggunakan RPP yang berbeda dengan RPP yang biasa kita gunakan?
Comments
Post a Comment