1.2.A.6 DEMONSTRASI KONTEKSTUAL MODUL 1.2.

 

GAMBARAN DIRI SEBAGAI GURU PENGGERAK MASA DEPAN

oleh 
Firdaus Ria Herlambang


Peran dari dari seorang Guru tentunya akan lebih maksimal jika memiliki keterampilan ataupun kompetensi yang sesuai dengan tujuan pendidikan yang diharapkan. Peran Guru Penggerak itu sendiri, merupakan sebuah ringkasan dari kompetensi tersebut. Terdapat 5 butir peran dari seorang Guru Penggerak:

1.    Menjadi Pemimpin Pembelajaran

2.    Menggerakkan Komunitas Praktisi

3.    Menjdi Coach bagi guru lain

4.    Mendorong Kolaborasi Antar Guru

5.    Mewujudkan kepemimpinan murid

Nilai itu sendirimerupakan keyakinan sebagai standar yang mengarahkan perbuatan dan pengambilan keputusan terhadap objek atau situasi yang sifatnya sangat spesifik. Melihat peranan nilai sangat penting dalam kehidupan tingkah laku sehari-hari, maka rasanya penting bagi seorang Guru Penggerak untuk bisa memahami dan menjiwai nilai-nilai dari seorang Guru Penggerak. Kelima nilai dari Guru Penggerak adalah:

1.    Mandiri

2.    Reflektif

3.    Kolaboratif

4.    Inovatif

5.    Berpihak pada Murid.


 

Guru pengerak seperti apakah saya di masa yang akan mendatang?

 

1.    Mandiri melakukan perubahan untuk pengembangan diri

2.    Mampu merefleksikan dan memaknai pengalamanyang terjadi sebagai panduan masa depan

3.    Siap berkolaborasi dengan membangun hubungan yang baik dengan segala pihak

4.    Selalu berinovasi memunculkan gagasan gagasan baru dalam pembelajaran

5.    Selalu bergerak dengan mengutamakan kepantinagn murid.




1. Mandiri melakukan perubahan untuk mengembangkan diri dengan megikuti pelatihan dan diklat baik pendidikan maupun diluar pendidikan


 2. Mampu merefleksikan dan memaknai pengalaman yang terjadi sebagai panduan masa depan

Berbagi pengalaman dengan murid dan teman sejawat dalam rangka merefleksikan suatu pemikiran positif untuk menjadi motivasi bagi lingkungan sekitar

Refleksi oleh Guru Bahasa Indonesia

Kegiatan pamong rumpun guru olahraga



3.  Siap berkolaborasi dengan membangun hubungan yang baik dengan segala pihak

   

Kegiatan Webinar Data Analytic lintas dinas Kabupaten Bekasi

Kajian Bulanan Dewan Guru SMP negeri 4 Babelan


4. Selalu berinovasi memunculkan gagasan gagasan baru dalam pembelajaran


Kegiatan Supervisi Pembelajaran Mapel IPA


Implementasi Pembelajaran Inklusif


5. Selalu bergerak dengan mengutamakan kepantingan murid.






 

Comments

Popular posts from this blog

Tahapan menciptakan Program Kebajikan

Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.1

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.2