KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 1.2

 KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 1.2.A.8

OLEH

FIRDAUS RIA HERLAMBANG




PERISTIWA

Menurut pemahaman saya setelah mempelajari modul 1.1. dan 1.2  ini hal yang paling mencerahkan bagi saya adalah  nilai dan peran guru penggerak merupakan keyakinan, kemampuan yang harus di miliki oleh sorang guru agar tujuan pendidikan tercapai.

Untuk menuju ke tujuan pendidikan, maka seorang guru haruslah memiliki nilai-nilai:

  •  Mandiri,
  • Reflektif
  •  Kolaboratif,
  •  Inovatif
  • Berpihak pada murid.

Jika nilai-nilai tersebut dimiliki dan dihidupi oleh setiap guru, maka guru akan membantu dalam menjalankan perannya. Peran-peran yang dimaksud adalah

  • Pemimpin pembelajaran
  • Penggerak komunitas praktisi
  • Menjadi coach bagi guru lain
  • Mendorong kolaborasi antar guru
  • Mewujudkan kepemimpinan murid

Adapun kompetensi yang seharusnya dimiliki oleh seorang guru berdasarkan nilai dan peran guru penggerak adalah :

  1. Dapat mengelola dan menguasai manajemen kelas dengan baik
  2. Mempunyai kemauan yang tinggi dalam pengembangan diri
  3. Memiliki leadership yang tinggi
  4. Mampu menciptakan suatu hubungan yang baik dan positif di lingkungannya
  5. Mewujudkan keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya untuk murid-muridnya.

 

Lalu, keterkaitan antara nilai dan peran Guru Penggerak dengan Ki Hadjar Dewantara adalah Jika seorang guru sudah memiliki nilai-nilai dan menjalankan perannya dengan baik, maka akan mendukung terwujudnya Filosofi KHD. Yaitu menghama pada murid yang sesuai dengan kodratnya berdasarkan tiga semboyan ( Ing Ngarso Sung TulodhoIng Madyo Mangun KarsoTut Wuri Handayani) dan azaz trikon (kontinyu, konvergen dan konsentris)

 

PERASAAN

Saat momen itu terjadi saya merasa seperti bagaikan dibukakan mata batin dan pikiran saya bahwa nilai dan peran seorang guru tidaklah hanya sekedar pekerjaan naun ada kata pengabdian didalamnya .

 

 PEMBELAJARAN

Jika kita gagal merencanakan, berarti sama saja kita sedang merencanakan kegagalan.”  ~ Benjamin Franklin

Dari kutipan diatas saya berpikir bahwa untuk mewujudkan nilai dan peran guru penggerak yang diinginkan dibutuhkan suatu perencanaan dan strategi yang baik. Karena tanpa perencanaan yang baik yang terjadi kedepannya menjadi seorang guru adalah hanya menjalankan suatu profesi pekerjaan biasa.

 

PENERAPAN KE DEPAN

Adapun  strategi-strategi yang akan saya lakukan untuk mencapai nilai, peran dan kompetensi tersebut adalah;

1.      Memperdalam materi modul 1.1. dan 1.2 dan mencoba mengaplikasikan dalam pembelajaran.

  • .      Lebih banyak mendesain pembelajaran yang kontekstual, sehingga pembelajaran lebih bermakna.
  • .      Meminta feedback dari murid setelah melakukan pembelajaran.
  • .      Merefleksi, evaluasi dan menindakluti untuk ke arah lebih baik.
  • .      Berdiskusi dengan teman sejawat terkait pembelajaran yang bermakna.
  • .      Belajar dan berkolaborasi dengan sesama CGP untuk memperkaya dalam pembelajaran yang baik.
  • .      Memperbanyak literasi terkait pembelajaran yang baik, bermakna

 

Dan untuk mencapai gambaran diri sebagai guru penggerak yang bisa mewujudkan tujuan pendidikan, terdapat beberapa pihak yang dapat membantu saya untuk mewujudkannya. Pihak-pihak tersebut di antaranya :

  • Kepala Sekolah : memberikan bimbingan dan arahan
  • Rekan sejawat: memberikan evaluasi, diskusi dan kolaborasi
  • Orang tua: memberikan evaluasi dalam pelaksanaan nilai dan peran guru
  • Murid : sebagai indikator keberhasilan nilai dan peran guru.
  • Keluarga : pendukung belakang layar, yang selalu setia memotivasi

 

Terimakasih, Semoga saling bisa menguatkan dan meneguhkan kita semua sebagai pendidik dengan harapan “keselamatan dan kebahagian setinggi-tingginya” pada setiap murid kita.

Salam Bahagia

Bergerak, Tergerak dan Menggerakan!

Indonesai Maju!


Comments

Popular posts from this blog

Tahapan menciptakan Program Kebajikan

Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.1

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.2