KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 1.2
KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 1.2.A.8
OLEH
FIRDAUS RIA HERLAMBANG
PERISTIWA
Menurut
pemahaman saya setelah mempelajari modul 1.1. dan 1.2 ini hal yang paling mencerahkan bagi saya
adalah nilai dan peran guru penggerak merupakan
keyakinan, kemampuan yang harus di miliki oleh sorang guru agar tujuan
pendidikan tercapai.
Untuk menuju ke tujuan pendidikan, maka seorang guru haruslah memiliki nilai-nilai:
- Mandiri,
- Reflektif
- Kolaboratif,
- Inovatif
- Berpihak pada murid.
Jika
nilai-nilai tersebut dimiliki dan dihidupi oleh setiap guru, maka guru akan
membantu dalam menjalankan perannya. Peran-peran yang dimaksud adalah
- Pemimpin
pembelajaran
- Penggerak
komunitas praktisi
- Menjadi
coach bagi guru lain
- Mendorong
kolaborasi antar guru
- Mewujudkan
kepemimpinan murid
Adapun
kompetensi yang seharusnya dimiliki oleh seorang guru berdasarkan nilai dan
peran guru penggerak adalah :
- Dapat mengelola dan menguasai manajemen kelas dengan baik
- Mempunyai
kemauan yang tinggi dalam pengembangan diri
- Memiliki
leadership yang tinggi
- Mampu
menciptakan suatu hubungan yang baik dan positif di lingkungannya
- Mewujudkan
keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya untuk murid-muridnya.
Lalu,
keterkaitan antara nilai dan peran Guru Penggerak dengan Ki Hadjar Dewantara
adalah Jika seorang guru sudah memiliki nilai-nilai dan menjalankan perannya
dengan baik, maka akan mendukung terwujudnya Filosofi KHD. Yaitu menghama pada
murid yang sesuai dengan kodratnya berdasarkan tiga semboyan ( Ing Ngarso Sung
TulodhoIng Madyo Mangun KarsoTut Wuri Handayani) dan azaz trikon (kontinyu,
konvergen dan konsentris)
PERASAAN
Saat
momen itu terjadi saya merasa seperti bagaikan dibukakan mata batin dan pikiran
saya bahwa nilai dan peran seorang guru tidaklah hanya sekedar pekerjaan naun
ada kata pengabdian didalamnya .
PEMBELAJARAN
Jika kita gagal merencanakan, berarti sama saja kita sedang
merencanakan kegagalan.” ~ Benjamin Franklin
Dari kutipan diatas saya berpikir bahwa untuk mewujudkan nilai
dan peran guru penggerak yang diinginkan dibutuhkan suatu perencanaan dan
strategi yang baik. Karena tanpa perencanaan yang baik yang terjadi kedepannya menjadi
seorang guru adalah hanya menjalankan suatu profesi pekerjaan biasa.
PENERAPAN KE DEPAN
Adapun strategi-strategi yang akan saya lakukan untuk
mencapai nilai, peran dan kompetensi tersebut adalah;
1.
Memperdalam materi modul 1.1. dan 1.2 dan
mencoba mengaplikasikan dalam pembelajaran.
- .
Lebih banyak mendesain pembelajaran yang
kontekstual, sehingga pembelajaran lebih bermakna.
- .
Meminta feedback dari murid setelah
melakukan pembelajaran.
- .
Merefleksi, evaluasi dan menindakluti
untuk ke arah lebih baik.
- .
Berdiskusi dengan teman sejawat terkait
pembelajaran yang bermakna.
- .
Belajar dan berkolaborasi dengan sesama
CGP untuk memperkaya dalam pembelajaran yang baik.
- .
Memperbanyak literasi terkait pembelajaran
yang baik, bermakna
Dan
untuk mencapai gambaran diri sebagai guru penggerak yang bisa mewujudkan tujuan
pendidikan, terdapat beberapa pihak yang dapat membantu saya untuk
mewujudkannya. Pihak-pihak tersebut di antaranya :
- Kepala Sekolah : memberikan bimbingan dan
arahan
- Rekan sejawat: memberikan evaluasi,
diskusi dan kolaborasi
- Orang tua: memberikan evaluasi dalam
pelaksanaan nilai dan peran guru
- Murid : sebagai indikator keberhasilan
nilai dan peran guru.
- Keluarga : pendukung belakang layar, yang
selalu setia memotivasi
Terimakasih,
Semoga saling bisa menguatkan dan meneguhkan kita semua sebagai pendidik dengan
harapan “keselamatan dan kebahagian setinggi-tingginya” pada setiap murid kita.
Salam Bahagia
Bergerak, Tergerak dan
Menggerakan!
Indonesai Maju!
Comments
Post a Comment